Tautan-tautan Akses

AS

Bendungan Terancam Bobol, Warga Michigan Mengungsi 


Jembatan di Sungai Tittabawassee, Michigan (foto: ilustrasi).

Sejumlah pejabat penanggulangan bencana darurat di negara bagian Michigan, Amerika, hari Selasa (19/5) mengatakan kepada warga yang tinggal di sekitar dua danau yang merupakan bagian dari Sungai Tittabawassee untuk mengungsi karena hujan lebat meningkatkan tekanan pada sejumlah bendungan di wilayah tersebut.

Para pejabat bagian tengah negara bagian itu mengirim serangkaian peringatan bahwa bendungan Edenville dan Sanford berisiko jebol, dan warga yang tinggal di daerah sekitar danau tersebut harus mengungsi. Tempat-tempat penampungan didirikan di dua sekolah.

Dinas Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan banjir bagi daerah tersebut akibat curah hujan lebat selama dua hari meningkat 10 sentimeter. Layanan cuaca itu melaporkan tinggi air di Tittabawassee sudah melebihi satu meter di atas ambang batas banjir.

Pejabat Manajemen Darurat Wilayah Bagian Tengah Amerika kemudian menyatakan kedua bendungan itu "masih kuat secara struktural." Ditambahkan bahwa air yang mengalir melalui gerbang bendungan tidak dapat dikendalikan, sehingga tindakan evakuasi tetap perlu dilakukan. [mg/ii]

XS
SM
MD
LG