Tautan-tautan Akses

Benda yang Menyala di Langit Michigan Selasa Malam Kemungkinan Meteor


Benda yang menyala di langit terlihat di negara bagian Michigan, AS, selatan Selasa malam (16/1).
Benda yang menyala di langit terlihat di negara bagian Michigan, AS, selatan Selasa malam (16/1).

Para ahli di negara bagian Michigan mengatakan benda yang menyala di langit dan bersuara seperti guntur Selasa (16/1) malam kemungkinan besar adalah sebuah meteor.

The American Meteor Society (AMS) mengatakan, pihaknya menerima ratusan laporan tentang bola api di angkasa Selasa malam di negarabagian Michigan, termasuk banyak di wilayah Detroit. Menurut AMS semua laporan menyebutkan bahwa sebuah batu antariksa menembus jauh ke dalam atmosfer bumi sebelum pecah, menghasilkan kilatan cahaya yang terang.

Bill Cooke dari Kantor Meteoroid Environment NASA mengatakan kepada The Detroit News bahwa itu benar-benar adalah sebuah meteoroid.

Pakar Astronomi local, Richard Bell menggambarkan apa artinya, "Meteoroid, pada dasarnya adalah bongkahan kecil batu atau logam yang masuk ke atmosfer, dan menekan gas atmosfir di depannya sehingga membuatnya panas. Gas yang panas itu membuat meteoroid menguap. Kalau itu terjadi, kita kemudian menyebutnya sebagai meteor."

Penampakan benda itu dilaporkan dari Detroit, di bagian timur hingga Kalamazoo di Michigan barat.

Dinas Geologi Amerika mengatakan kepada Kantor Berita Associated Press bahwa suara keras dari benda itu tercatat sebagai gempa bumi berkekuatan 2.0 di Michigan.

Orang di negarabagian lain termasuk Illinois, Pennsylvania, Ohio, Indiana, Missouri dan juga di Kanada melaporkan juga melihat bola api itu. [sp/al]

XS
SM
MD
LG