Tautan-tautan Akses

AS

Beli Senjata dari Rusia, AS Ancam Batalkan Jet Tempur ke Turki


Amerika mengancam membatalkan pembelian 4 jet tempur F-35 oleh Turki karena Turki membeli senjata dari Rusia (foto: dok).

Militer Amerika memberi waktu kepada Turki sampai akhir Juli untuk berhenti membeli sistem pertahanan udara Rusia, kalau tidak, Amerika akan menghapus sekutunya di NATO itu dari program jet tempur F-35.

Penjabat Menteri Pertahanan Amerika Patrick Shanahan menulis surat kepada mitra Turki-nya, mengatakan pelatihan pilot-pilot Turki akan berakhir 31 Juli dan Turki tidak akan diizinkan melakukan tahap akhir pembelian empat pesawat F-35 dari Amerika jika negara itu tetap melanjutkan pembelian dari Rusia. Ia juga memperingatkan, pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia oleh Turki berisiko merusak hubungan Turki dengan Amerika dan NATO.

Amerika berulang kali memperingatkan Turki bahwa rencananya membeli sistem pertahanan udara Rusia menimbulkan ancaman bagi pesawat tempur siluman F-35, yang juga akan dibeli Turki. Amerika mengatakan Turki tidak bisa memiliki keduanya.

Pejabat militer Amerika khawatir Rusia akan meningkatkan kemampuan S-400 melawan NATO melalui informasi yang diperoleh di Turki.

Meskipun ada peringatan itu, Turki tetap melanjutkan pembelian dari Rusia. Hari Selasa, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan "tidak mungkin" Turki mundur dari kesepakatan dengan Rusia.(ka)

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG