Tautan-tautan Akses

Senator AS Dukung Keputusan Trump Batalkan Pengiriman F-35 ke Turki


Pesawat tempur F-35 Lightning II
Pesawat tempur F-35 Lightning II

Anggota Kongres AS dari kedua partai hari Selasa (2/4) dengan tegas mendukung keputusan pemerintahan Trump untuk menghentikan pengiriman pesawat tempur F-35 ke Turki, karena keputusan Turki membeli rudal darat-ke udara Rusia - langkah awal yang mungkin mencegah Turki untuk memperoleh pesawat jet siluman itu.

“Jika Turki membeli rudal dari Rusia, kami tidak dapat membenarkan pelatihan mereka untuk menggunakan F-35 dan melaksanakan janji kami untuk mengirim dua pesawat F-35," kata Ketua Komite Senat Angkatan Bersenjata, James Inhofe, wakil partai Republik dari Oklahoma.

" Pesawat F-35 dan rudal Rusia itu tidak bisa ada bersama," kata Senator Demokrat Joe Manchin dari West Virginia yang juga peserta panel. "Kami tidak akan membiarkan hal itu terjadi."

Pekan lalu, menteri luar negeri Turki menegaskan kembali janji negaranya untuk membeli sistem rudal S-400 buatan Rusia, yang diyakini Amerika dapat membahayakan F-35, jet tempur canggih yang bisa menghindari radar itu. Para pejabat AS memperingatkan bahwa apabila Turki memiliki pesawat AS dan rudal Rusia, hal itu, pada akhirnya dapat membantu Rusia menemukan cara untuk mendeteksi F-35 dan mengetahui teknologi militer Amerika yang canggih. (ps)

XS
SM
MD
LG