Tautan-tautan Akses

Beijing akan Bangun Pusat Penelitian Kecerdasan Buatan $2 Miliar


Seorang pengunjung berbicara dengan robot Xiaodu di Konferensi Dunia Baidu 2015 di Beijing, China, 8 September 2015. Xiaodu adalah robot dengan kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Baidu.

Beijing berencana membangun sebuah kompleks industri pengembangan kecerdasan buatan senilai 13,8 miliar yuan (2,12 miliar dolar) di bagian barat kota tersebut, Reuters melaporkan, mengutip kantor berita Xinhua. Pembangunan ini bagian dari rencana China menjadi pemimpin dunia untuk pengembangan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Kompleks ini akan menjadi hunian bagi 400 perusahaan dan akan memiliki produksi tahunan sekitar 50 miliar yuan, kata Xinhua, mengutip laporan dari pihak berwenang di distrik Mentougou, Beijing.

Zhongguancun Development Group, pengembang proyek tersebut, menjajaki untuk bermitra dengan universitas-universitas luar negeri dan membangun laboratorium AI “level nasional” di area tersebut, Xinhua menambahkan.

Zhongguancun Development dan perwakilan dari distrik Mentougu, Beijing, tidak bisa dihubungi untuk memberikan tanggapan.

Rencana China untuk mempercepat pengembangan AI muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan Amerika untuk persaingan pengembangan AI untuk teknologi militer.

China ingin mengembangkan industri lokal menjadi lebih dari 150 miliar yuan pada 2020 dan 400 miliar yuan pada 2040, menurut Dewan Negara. [fw/au]

XS
SM
MD
LG