Tautan-tautan Akses

Beberapa Negara Bagian AS Mulai Longgarkan Pembatasan, Buka Kembali Bisnis


Jalan yang hampir kosong terlihat di Times Square di Manhattan pada 16 Maret 2020 di New York City. (Foto: AFP)

Presiden AS Donald Trump mengatakan mulai pekan depan berbagai negara bagian akan membuka kembali sebagian bisnis sambil mempraktikkan langkah waspada terkait virus corona.

Texas dan Vermont akan mengijinkan bisnis-bisnis tertentu untuk buka kembali Senin (20/4), sementara Montana akan memberlakukannya Jumat (24/4), kata Trump dalam pengarahan Sabtu (18/4) di Gedung Putih.

"Kami terus melihat sejumlah tanda positif bahwa virusnya telah melewati masa puncak," katanya, menambahkan, "upaya tes (virus korona) semakin baik," namun tidak memberikan bukti konkrit.

Namun, para gubernur negara bagian lain telah memperingatkan bahwa mereka tidak akan membuka kembali perekonomian terlalu dini sampai ada tes lebih banyak, supaya tidak meningkatkan infeksi virus korona.

Ratusan orang di beberapa kota di seluruh negara itu memprotes upaya-upaya karantina yang diberlakukan untuk membatasi penyebaran virus korona. Para demonstran itu marah dengan dampak ekonomi dari perintah yang membatasi kegiatan itu. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG