Tautan-tautan Akses

Beberapa Negara Bagian AS Melaporkan Rekor Kasus Covid-19


Mobil-mobil antre lantatur tes Covid-19 di RS United Memorial Medical Center di Houston, Texas, 24 Juni 2020. Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan negara bagian itu mengalami lonjakan tajam wabah virus corona.

Negara bagian Arizona dan Florida AS melaporkan lonjakan kasus terbanyak dalam sehari pada Sabtu (27/6), menandai penyebaran penyakit itu di beberapa negara bagian selatan dan barat. Pada Jumat (26/6), AS mencatat jumlah kasus baru terbanyak untuk hari ketiga berturut-turut.

Kasus-kasus virus corona juga melonjak di negara bagian Texas. Gubernur Greg Abbott bahkan menyatakan menyesal telah mengizinkan bar-bar untuk dibuka terlalu dini.

“Apabila saya bisa kembali ke masa lalu dan mengulanginya, mungkin saya akan menunda pembukaan bar-bar, setelah menyaksikan bagaimana virus corona menyebar dengan cepat di bar-bar,” kata Abbott dalam wawancara pada Jumat (26/6) malam di stasiun TV KVIA di Kota El Paso.

Florida mengikuti langkah Texas untuk memerintahkan bar-bar berhenti menyajikan minuman beralkohol pada Jumat (26/6).

AS masih memiliki jumlah infeksi terbanyak di dunia, yaitu hampir 2,5 juta, sekitar seperempat dari semua infeksi di seluruh dunia, menurut statistik Universitas Johns Hopkins. Brazil berada di belakang AS dengan hampir 1,3 juta kasus, sementara Rusia di urutan ketiga dengan hampir 627 ribu.

Pertambahan kasus yang mengkhawatirkan juga dilaporkan di India. Harian Times of India mengatakan negara Asia Selatan itu mencatat 18.552 kasus baru Covid-19 pada Sabtu (27/6), melebihi rekor sehari sebelumnya, yaitu 17.296.

Dan Indonesia melaporkan kenaikan sehari terbesar, yaitu 1.385 kasus baru. Kementerian Kesehatan RI melaporkan jumlah kasus di Indonesia mencapai 52.812. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG