Tautan-tautan Akses

AS

Barrett, Calon Hakim Agung AS yang Populer di Kalangan Konservatif


Presiden Donald Trump dan Amy Barrett saat mengumumkan pencalonannya sebagai Hakim Pengadilan Banding Sirkuit ke-7, 26 September 2020. (Foto: Reuters)

Amy Coney Barrett, 48, adalah seorang pemeluk Katolik yang taat dan penentang aborsi. Barrett populer di kalangan komunitas Kristen evangelis -- kelompok pendukung yang sangat setia kepada Presiden Donald Trump.

Barrett telah menulis lebih dari 100 opini sejak diangkat sebagai Hakim Pengadilan Banding AS Sirkuit ke-7 pada 2017. Wilayah pengadilannya termasuk negara bagian Illinois, Indiana dan Wisconsin.

Opininya selalu mencerminkan nilai-nilai konservatif yang dianutnya.

Dia dinominasikan oleh Trump ke Mahkamah Agung, untuk menggantikan Hakim Ruth Bader Ginsburg, yang wafat pada 18 September. Barrett merupakan tokoh ketiga yang dinominasikan Trump ke MA. Sebelumnya Trump pernah menominasikan Neil Gorsuch pada 2017 untuk menggantikan Hakim Antonin Scalia, yang wafat pada 2016. Setelah Hakim Anthony Kennedy pensiun pada 2018, Trump menominasikan Brett Kavanaugh untuk menggantikannya.

Barrett, asal New Orleans, meraih gelar sarjana literatur Inggris dari Rhodes College di Memphis, Tennessee, kemudian memasuki Fakultas Hukum Notre Dame di Indiana pada musim gugur 1994.

Dia mulai mengajar di fakultas hukum pada 2002 pada usia 30 dan menjabat sebagai hakim untuk pertama kalinya ketika diangkat sebagai hakim Sirkuit ke-7.

Apabila dikonfirmasi oleh Senat, Barrett akan menjadi hakim termuda di MA, posisi yang bisa didudukinya selama puluhan tahun. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG