Tautan-tautan Akses

Barat, Rusia Diharapkan Bertindak Terhormat Meski Latihan Perang di Area yang Sama


Royal Norwegian Navy Skjold-class Corvette HNOMS Storm dan HNMOS Skudd dan kapal induk Angkatan Laut AS USS Harry S. Truman dalam operasi penerbangan Latihan Militer NATO "Trident Juncture 2018" di lepas pantai Vestfjordern, Norwegia 24 Oktober 2018. (Foto: dok).

Sekjen NATO menyatakan ia “yakin” bahwa aliansi militer Barat dan Rusia “akan bertindak secara terhormat” sementara kedua pihak mengadakan latihan militer di kawasan yang sama di perairan di lepas pantai Norwegia.

Jens Stoltenberg, Selasa (30/10) mengatakan sewaktu ia menghadiri latihan perang Trident Juncture di Norwegia bahwa “ini bukan situasi Perang Dingin,” seraya menegaskan bahwa latihan itu “semata-mata untuk mencegah, tidak untuk memprovokasi.”

Rusia telah diberi penjelasan oleh NATO mengenai latihan itu dan diundang untuk memantaunya, tetapi hal tersebut masih membuat berang Rusia.

Moskow telah memperingatkan negara itu akan terpaksa merespons aktivitas militer NATO yang kian meningkat dan menyatakan angkatan lautnya berencana untuk menguji coba misil di perairan internasional, berdekatan dengan tempat aliansi militer Barat itu mengadakan latihan militer terbesarnya sejak Perang Dingin. [uh]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG