Tautan-tautan Akses

AS

Bantuan Federal Dikerahkan ke Texas yang Beku dan Tanpa Listrik


Northeast Dallas, Texas, setelah mengalami badai salju. (Foto: Courtesy/Pongpisit)

Bantuan federal mulai mengalir ke Texas dan negara-negara bagian lain di tengah-tengah badai musim dingin yang menyebabkan lebih dari satu juta penduduk kedinginan dan tidak punya listrik. Jaringan listrik independen di Texas lumpuh, sementara Alabama dan Louisiana juga mengalami terputusnya aliran listrik di banyak tempat.

Pemerintahan Biden “sedang bekerja pada setiap tuas yang kami miliki guna mengusahakan bantuan untuk penduduk Texas,” kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada reporter pada Kamis (17/2). Bantuan dari Badan Manajemen Darurat Federal mencakup 60 generator dilengkapi bahan bakar untuk rumah-rumah sakit dan bantuan air minum, 729 ribu liter air, 60 ribu selimut, dan 225 ribu paket makanan, demikian dilaporkan penasihat keamanan dalam negeri Liz Sherwood Randall.

Dalam cuitan Biden mengatakan, dia siap memenuhi permintaan bantuan tambahan dari gubernur Texas, Oklahoma, dan negara-negara bagian lain. Cuitannya diakhiri dengan “Tolong perhatikan instruksi pejabat lokal dan jaga keselamatan.”

Ribuan orang di Texas, negara bagian kedua terbesar di Amerika, terpaksa antre dalam suhu di bawah nol Celsius, sesuatu yang jarang dialami negara bagian itu, untuk memperoleh LPG dan air minum.

Sumur-sumur beku dan pusat pengolahan air macet. Suhu dingin ini juga menyebabkan pipa-pipa air rumah tangga pecah. [jm/ka]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG