Tautan-tautan Akses

AS

Sumbangan untuk Tunawisma di Texas Melonjak


Orang-orang berlindung di toko Gallery Furniture yang diubah menjadi tempat menghangatkan diri setelah badai musim dingin menyebabkan listrik padam di Houston, Texas, Rabu, 17 Februari 2021.

Sumbangan masyarakat untuk menampung dan memberi makan tunawisma di Austin, Texas, melonjak. Negara bagian itu dilanda badai mematikan yang menyebabkan listrik padam dan jutaan orang terimbas.

Kurang dari seminggu, lebih dari $235.000 terkumpul dari seluruh Amerika dan luar negeri melalui platform penggalangan dana GoFundMe. Uang itu untuk membantu lembaga nirlaba Austin Mutual Aid.

Badai melanda sebagian besar Amerika, menyebabkan jutaan orang di Texas, negara bagian terpadat kedua, tanpa aliran listrik selama tiga hari. Sedikitnya 21 orang tewas terkait badai itu di empat negara bagian.

Populasi tunawisma di Texas sangat rentan. Kota-kota di negara bagian itu kesulitan menyediakan tempat berlindung di hotel, gereja, maupun bangunan lain. Di ibu kota negara bagian itu, Austin, terdapat sekitar 2.500 tunawisma.

"Pendanaan yang datang dari seluruh dunia benar-benar merupakan beban yang sangat besar bagi kami," kata Bobby Cooper, pendiri Austin Mutual Aid. Organisasi nirlaba itu dikelola sukarelawan pada Maret 2020 sebagai tanggapan terhadap COVID-19.

Cooper mengatakan mereka menerima laporan tentang orang-orang yang sekarat di jalan-jalan. Pemerintah daerah, kata Cooper, seharusnya lebih banyak berbuat untuk menyiapkan tempat berlindung ketika mengetahui badai akan datang.

Wali Kota Austin Steve Adler menyalahkan pemadaman listrik atas yang menyebabkan pihaknya kurang siap. Ia juga menuntut reformasi.[ka/jm]

XS
SM
MD
LG