Tautan-tautan Akses

Bank Dunia Pangkas Proyek Pendidikan Kejuruan di Xinjiang, China


Beberapa pekerja melewati gedung yang dijadikan sebagai "pusat pendidikan kejuruan" bagi Muslim Uighur di Dabancheng, Xinjiang, China (foto: dok).
Beberapa pekerja melewati gedung yang dijadikan sebagai "pusat pendidikan kejuruan" bagi Muslim Uighur di Dabancheng, Xinjiang, China (foto: dok).

Bank Dunia mengumumkan hari Senin (11/11), bahwa mereka mengurangi proyek pendidikan kejuruan di provinsi Xinjiang, China, meskipun penyelidikan internal tidak mendukung klaim bahwa skema itu terkait dengan penganiayaan terhadap minoritas Muslim Uighur.

Bank Dunia meluncurkan tinjauan terhadap program itu akhir Agustus lalu setelah majalah Kebijakan Luar Negeri melaporkan bahwa sekolah yang mendapat tunjangan dari pinjaman senilai 50 juta dolar bagi China itu membeli "kawat berduri, senjata peluncur gas air mata, dan pelindung tubuh."

Pemberi pinjaman pembangunan yang berbasis di Washington itu mengatakan hasil kajiannya "tidak mendukung tuduhan itu."

Namun, sebagai tindak pencegahan, Bank Dunia memotong dana untuk "sekolah-sekolah mitra" dalam skema itu di seluruh provinsi Xinjiang yang menjadi sasaran tuduhan.

Dana Bank Dunia untuk lima sekolah itu yang secara langsung didukung proyek tersebut akan berlanjut, di bawah "pengawasan yang ditingkatkan."

Perlakuan China terhadap orang-orang Uighur – minoritas yang umumnya Muslim dan berbahasa Turki yang terkonsentrasi di wilayah Xinjiang barat laut yang diawasi ketat - telah mendapat sorotan yang semakin meningkat.

Organisasi hak asasi manusia dan para pakar mengatakan lebih dari satu juta etnis minoritas yang sebagian besar Muslim telah dimasukkan ke kamp-kamp pendidikan ulang di Xinjiang. Di sana, mereka disiksa dan dipaksa meninggalkan agama mereka.

China pada awalnya menyangkal keberadaan kamp-kamp itu tetapi kemudian mengakuinya dan menyebutnya sebagai "pusat pendidikan kejuruan," yang dianggap perlu untuk memerangi ekstremisme agama dan meningkatkan lapangan kerja.(ka/jm)

Recommended

XS
SM
MD
LG