Tautan-tautan Akses

Banjir Genangi Ribuan Rumah di Ibukota Indonesia


Banjir di salah satu sudut kota Jakarta, 21 Februari 2017. (AP Photo/Dita Alangkara).

Hujan deras di Jakarta telah membuat selokan dan sungai-sungai meluap, membanjiri jalan-jalan dan ribuan rumah penduduk.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (21/2) mengatakan bahwa lebih dari 50 daerah terkena banjir di Jakarta, dengan ketinggian air hingga 1,5 meter di beberapa daerah di Jakarta Timur.

Dikatakan, saluran air tidak mampu menampung curah hujan yang tinggi dan sungai-sungai juga meluap. Media lokal melaporkan bahwa seorang karyawan pemerintah kota tewas dan satu orang tenggelam di Bekasi.

Banjir tahun 2013 menewaskan lebih dari dua puluh orang di Jakarta dan memaksa puluhan ribu lainnya mengungsi. Sejak itu, Jakarta telah berhasil mengurangi jumlah daerah rawan banjir dengan mengeruk dan membersihkan sungai yang sebelumnya penuh sampah serta melakukan berbagai langkah pencegahan lainnya.

Banjir dan tanah longsor biasa terjadi di Indonesia selama musim hujan, dan kota-kota besar juga sering dilanda banjir.

Awal bulan ini, sekitar 40.000 orang terjebak dalam banjir parah menyusul hujan deras berhari-hari di Indonesia bagian tengah dan 13 orang tewas dalam tanah longsor di pulau wisata Bali. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG