Tautan-tautan Akses

Banjir Bandang, Tanah Longsor Timbulkan Kekacauan di Jakarta dan Sekitarnya


Regu penyelamat mengevakuasi penduduk dari rumah mereka yang banjir di Jatibening di pinggiran Jakarta, Rabu, 1 Januari 2020.
Regu penyelamat mengevakuasi penduduk dari rumah mereka yang banjir di Jatibening di pinggiran Jakarta, Rabu, 1 Januari 2020.

Lebih dari 30 ribu orang di Jakarta mengungsi karena banjir bandang dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat yang turun menjelang Tahun Baru.

Ratusan permukiman di Jakarta tenggelam oleh banjir yang permukaannya naik dengan cepat, memaksa pihak berwenang untuk memadamkan listrik di seluruh wilayah. Beberapa jalur kereta bawah tanah ditutup, begitu pula Bandara Halim Perdanakusuma karena landas pacunya terendam air.

Petugas penyelamat tampak dalam video sedang memandu warga keluar dari rumah mereka yang kebanjiran dan mengarungi arus air yang deras dengan tali.

Sedikitnya 21 orang tewas akibat banjir. Korban tewas karena tenggelam, tersengat listrik, terkubur tanah longsor, atau karena hipotermia.

Jakarta dan daerah-daerah di sekitarnya dihuni oleh sekitar 30 juta orang, dan rawan gempa serta banjir. Pemerintah telah mengumumkan rencana untuk memindahkan ibukota ke provinsi Kalimantan Timur. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG