Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Raymond Menguat di Bagian Barat Meksiko


Kawasan wisata pantai di Zihuatanejo, Meksiko sepi menjelang datangnya badai tropis Raymond (foto: dok).

Badai tropis Raymond hari Jumat (15/11) terbentuk di bagian timur Pasifik, di lepas pantai Meksiko, dan menguat di jalur yang diramalkan para peramal cuaca, yaitu menuju ke kawasan resor Los Cabos di Semenanjung Baja California.

Pusat Badai Nasional melaporkan kecepatan badai Raymond kini mencapai 85 kilometer per jam. Pusat badai terletak sekitar 915 kilometer selatan ujung semenanjung itu dan bergerak menuju ke utara-barat laut.

Bagian selatan semenanjung itu merupakan kawasan wisata yang sangat populer bagi wisatawan domestik dan mancanegara, yang sekaligus kota resor kembar Cabo San Lucas dan San Jose del Cabo.

Pusat Badan Nasional mengatakan badai Raymond mungkin akan mencapai kawasan itu Minggu malam (17/11) atau Senin dini hari (18/11) dengan membawa hujan sekitar 3-5 inchi di seluruh bagian selatan negara bagian Baja California. Hujan lebat ini berpotensi memicu banjir yang berbahaya.

Dirjen Komisi Air Meksiko Blanca Jimenez Cisneros mengatakan “hujan lebat” yang merupakan dampak pertama badai Raymond akan terasa mulai Sabtu (16/11). (em/pp)

Recommended

XS
SM
MD
LG