Tautan-tautan Akses

AS

Badai Salju Berbahaya Melanda AS di Musim Semi


Patroli pembersih salju di sebuah jalan raya di Colorado pada awal badai musim dingin, Sabtu, 13 Maret 2021. (Foto: Kevin Mohatt/Reuters)

Badai salju besar pada musim semi akan melanda beberapa bagian di Amerika Serikat (AS) tiga hari ke depan. Para peramal cuaca memperkirakan akan terjadi pemadaman listrik dan salju longsor.

Dinas Cuaca Nasional (the National Weather Service/NWS) mengeluarkan peringatan badai untuk beberapa bagian Wyoming dan Nebraska utara. Salju setinggi hingga 61 cm dan angin kencang berkekuatan 105 km per jam bisa menyebabkan kondisi berbahaya dari Sabtu (13/3) hingga Senin (15/3).

NWS mengatakan warga yang harus berkendara, disarankan untuk membawa pasokan darurat dan senter. Dinas itu juga memperingatkan bahwa angin kencang dan salju tebal bisa menyebabkan kerusakan besar pada pepohonan dan saluran listrik.

"Kami bersiap-siap menghadapi badai salju bersejarah yang akan melanda Wyoming Tenggara," kata Gubernur Wyoming lewat Twitter. "Pilihan terbaik adalah dengan tidak melakukan perjalanan akhir pekan ini."

Di negara bagian Colorado, kondisi diperkirakan akan memburuk pada Sabtu (13/3). Wilayah urban, di mana 5 juta orang tinggal di kota-kota seperti Denver, diperkirakan akan menghadai curah hujan salju setinggi 61 cm dan angin berkecepatan 56 kilometer per jam selama akhir pekan.

Menurut situs Flight Aware, di Bandara Internasional Denver, sebanyak 1.979 penerbangan keluar masuk bandara tersibuk kelima di AS itu dibatalkan.

Perusahaan listrik Xcel Energy mengatakan pekan ini perusahaannya "menambah jumlah kru" untuk merespons kemungkinan padamnya listrik akibat salju yang berat dan basah.

NWS memperingatkan para pelancong dan warga yang ski di pegunungan bahwa salju longsor bisa terjadi karena salju menumpuk dengan cepat. Sementara Gubernur Colorado Jared Polis mengaktifkan Garda Nasional untuk merespons permintaan pencarian dan pertolongan pada akhir pekan. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG