Tautan-tautan Akses

AS

Badai Musim Dingin Ganggu Pengiriman Vaksin COVID di AS


Badai musim dingin melanda kota Dallas, Texas yang biasanya jarang mengalami hujan salju (18/2).

Badai dahsyat musim dingin, suhu yang ekstrem dan pemadaman listrik menutup lebih dari 2.000 lokasi vaksinasi dan menunda pengiriman 6 juta dosis vaksin di seluruh 50 negara bagian minggu ini, ujar Penasihat Senior Gedung Putih Andy Slavitt kepada wartawan, Jumat (19/2).

Cuaca ekstrem menyebar di sebagian besar Amerika Serikat sejak Minggu. Hujan salju lebat dan suhu dingin yang mencapai rekor melanda Oklahoma dan Arkansas dan memicu pemadaman listrik di seluruh Texas.

Badai menghentikan upaya pemerintahan Biden meningkatkan pengiriman vaksin. Minggu lalu, rata-rata lebih dari 1,5 juta dosis per hari diberikan. Data awal minggu ini menunjukkan penurunan tajam, tetapi jumlah lengkapnya belum tersedia.

Namun, kata Slavitt, cuaca membaik dan pengiriman dimulai lagi dengan 1,4 juta dosis pengiriman Jumat. Tetapi, perlu waktu bagi semua penundaan itu untuk kembali normal. Cuaca menyebabkan gangguan di sepanjang rantai pasokan, kata Slavitt.

Pabrik pengemasan vaksin buatan Moderna tidak beroperasi karena listrik padam akibat badai musim dingin. Penutupan jalan menghambat pengiriman antara lokasi manufaktur, distribusi, dan pengiriman. Pekerja di tiga perusahaan besar jasa pengiriman: UPS, FedEx dan McKesson, tidak bisa bergerak karena jalan tertutup salju, sehingga menghambat pengiriman.[ka/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG