Tautan-tautan Akses

Badai Olaf Bergulir Menuju Resor Los Cabos di Meksiko 


Gambar Satelit yang dikeluarkan oleh Badan Atmosfer dan Oceania Amerika pada 9 September 2021 menunjukkan Badai Olaf di pesisir Pasifik dari Meksikoyang mendekati wilayah resor Los Cabos. (Foto: AP)

Badai tropis Olaf menguat menjadi badai di Pasifik pada Kamis (9/9) ketika bergulir menuju resor pantai Los Cabos di semenanjung Baja California, Meksiko, kata para pakar meteorologi.

Olaf membawa angin berkecepatan maksimum 145 kilometer per jam (kpm), menjadikannya badai Kategori 1, yang terendah pada skala lima tingkat Saffir-Simpson, kata Pusat Badai Nasional AS (NHC).

Dilaporkan bahwa pada pukul 7 malam waktu setempat, Jumat (10/9) badai itu berada sekitar 72 km arah tenggara dari resor tepi laut Cabo San Lucas dan bergerak ke barat laut dengan kecepatan 16 kpm.

Badan Meteorologi Nasional Meksiko memperingatkan bahwa Olaf kemungkinan akan mencapai daratan sebagai badai Kategori 2.

Peringatan badai berlaku untuk sepanjang garis pantai Baja California dari Los Barriles sampai ke Cabo San Lazaro.

“Persiapan untuk melindungi nyawa manusia dan harta benda harus segera diselesaikan,” kata NHC.

Gelombang badai yang berbahaya diperkirakan akan disertai dengan gelombang besar yang merusak di dekat pantai, tambahnya. Badan itu juga memperingatkan bahwa hujan deras dapat memicu “banjir bandang dan tanah longsor yang signifikan dan mengancam jiwa manusia.”

Pihak berwenang mendirikan tempat berlindung dari badai dan anak-anak sekolah di negara bagian Baja California Sur diperintahkan untuk tinggal di rumah pada hari Jumat. [lt/rs]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG