Tautan-tautan Akses

Badai Willa Ancam Kawasan Pesisir Pasifik Meksiko


Kawasan Mazatlan, negara bagian Sinaloa, Meksiko, 22 Oktober 2018.

Badai Willa hari Selasa akan mencapai daratan di pesisir Pasifik Meksiko sebagai badai kuat dan berbahaya yang dapat membanjiri kawasan-kawasan pesisir dengan gelombang badai dan memicu banjir bandang serta tanah longsor dengan hujan yang lebat.

Pusat Badai Nasional Amerika (NHC) Selasa pagi menyatakan Willa disertai angin berkecepatan 215 kilometer per jam dan bahwa badai itu akan melemah sedikit sebelum mencapai daratan.

Para pakar cuaca memperkirakan pusat badai itu akan menghantam kawasan antara Mazatlan dan Puerto Vallarta.

Sebagai persiapan menghadapi badai itu, pemerintah negara bagian Sinaloa dan Nayarit di Meksiko memerintahkan sekolah-sekolah di kawasan pesisir untuk tutup dan mempersiapkan tempat-tempat pengungsian darurat.

Para pejabat cuaca memperingatkan badai ini akan menimbulkan hujan dengan curah 15 hingga 45 sentimeter ke beberapa bagian Sinaloa, Nayarit dan Jalisco, dengan kemungkinan tanah longsor di kawasan pegunungan. Willa juga diperkirakan akan menimbulkan gelombang badai berbahaya dengan “ombak besar yang merusak,” sebut NHC.

Jauh ke selatan, Meksiko menghadapi badai lainnya di Samudra Pasifik. Badai Tropis Vicente diperkirakan akan melemah menjadi depresi tropis sebelum mencapai daratan di negara bagian Michoacan, juga Selasa.

Vicente adalah badai yang jauh lebih lemah, tetapi masih dapat menghasilkan hujan lebat dan banjir sewaktu bergerak menuju daratan. [uh]

XS
SM
MD
LG