Tautan-tautan Akses

Badai Ian akan Terjang South dan North Carolina, Virginia


Gambar selebaran satelit Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) ini menunjukkan Badai Ian pada 30 September 2022 pukul 12:01 UTC. (Handout / NOAA/GOES / AFP)
Gambar selebaran satelit Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) ini menunjukkan Badai Ian pada 30 September 2022 pukul 12:01 UTC. (Handout / NOAA/GOES / AFP)

Pusat Badai Nasional (NHC) Jumat dini hari mengatakan Badai Ian diperkirakan menyebabkan laut pasang yang mengancam jiwa dan kondisi-kondisi badai di sepanjang pesisir Carolina Jumat siang. Badai kemungkinan besar akan menghasilkan hujan yang menyebabkan banjir di kedua negara bagian Carolina dan bagian barat daya Virginia.

Menurut NHC, peringatan gelombang badai berarti “ada ancaman genangan air yang mengancam jiwa, akibat dari naiknya permukaan air yang bergerak ke daratan dari pesisir.” Badan tersebut juga mendesak orang-orang untuk mematuhi perintah evakuasi dan instruksi lain dari para pejabat setempat.

Peringatan badai berarti “Persiapan untuk melindungi jiwa dan harta benda harus segera dituntaskan,” menurut NHC.

Badai Ian membawa angin berkecepatan maksimum 85 kilometer per jam dengan embusan angin yang kecepatannya lebih tinggi

Ian meninggalkan jejak kehancuran di Florida. Presiden AS Joe Biden hari Kamis berjanji bahwa pemerintah federal akan melakukan apa pun untuk pembangunan kembali Florida.

Berbicara dari kantor pusat Badan Manajemen Darurat Federal di Washington, Biden mengatakan ia telah berbicara dengan Gubernur Florida Ron DeSantis dan mengabulkan permintaannya mengenai penetapan bencana besar yang dipercepat.

Ia mengatakan ini berarti pemerintah federal akan menanggung biaya menyingkirkan semua puing dan membangun kembali gedung-gedung publik. Pemerintah federal juga akan menyediakan dana untuk membantu menutup biaya pembangunan kembali rumah-rumah dan pemulihan properti bagi mereka yang tidak memiliki asuransi yang memadai.

Biden mengatakan Ian bisa menjadi badai paling mematikan yang menghantam Florida begitu efeknya dipastikan.

Pada konferensi pers sebelumnya, DeSantis mengatakan jumlah korban tewas dan cedera belum jelas, karena para petugas penyelamat baru mulai bekerja setelah sebelumnya terhalang kondisi berbahaya. Tim penyelamat bekerja di darat, laut dan udara untuk menjangkau orang-orang yang terdampar. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG