Tautan-tautan Akses

Badai Ian Bergerak Menuju Carolina dan Georgia


Seorang warga berjalan di lingkungan tempat tinggalnya yang tergenang banjir setelah Badai Ian melanda daerah Fort Myers, Florida, pada 29 September 2022. (Foto: AP/Steve Helber)
Seorang warga berjalan di lingkungan tempat tinggalnya yang tergenang banjir setelah Badai Ian melanda daerah Fort Myers, Florida, pada 29 September 2022. (Foto: AP/Steve Helber)

Badai Ian, yang sebelumnya sempat diturunkan menjadi badai tropis, kini telah kembali menjadi badai, kata Pusat Badai Nasional Amerika (NHC) pada Kamis (29/9).

Ian "membidik South dan North Carolina dan Georgia dengan banjir yang mengancam nyawa, gelombang badai, dan angin kencang," kata NHC.

Badai Ian diperkirakan akan mendekati wilayah pesisir South Carolina pada Jumat (30/9). Pusat badai diperkirakan akan bergerak lebih jauh ke daratan, melintasi South dan North Carolina pada Jumat malam dan Sabtu (1/10).

Badai Ian kemungkinan sedikit menguat sebelum mendarat Jumat, kata sejumlah ramalan cuaca, tetapi dapat "dengan cepat melemah di bagian tenggara Amerika Serikat Jumat malam hingga Sabtu."

Ian telah meninggalkan jejak kehancuran di Florida, dan Presiden Joe Biden pada Kamis (29/9) berjanji pemerintah federal akan melakukan apa pun yang harus dilakukan untuk membantu Florida membangun lagi.

Pemerintah federal akan menanggung biaya pembersihan semua puing dan pembangunan kembali gedung-gedung umum. Pemerintah federal juga akan menyediakan dana untuk membantu menutupi biaya pembangunan kembali rumah dan pemulihan properti bagi mereka yang tidak memiliki cukup asuransi.

Badai Ian, pada Rabu (28/9), melanda pesisir dekat Cayo Costa sebagai badai Kategori 4 yang kuat, dengan kekuatan maksimum angin hampir 250 kilometer per jam, bersama gelombang badai yang kuat dan hujan lebat yang membanjiri daerah pesisir. [ka/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG