Tautan-tautan Akses

AS

Badai Hanna Melemah, Badai Douglas Mengancam Hawaii


Gambar satelit Badai Douglas di Lautan Pasifik, mendekati Kepulauan Hawaii, 26 Juli 2020. (NOAA/Handout via REUTERS ).

Badai Douglas membawa hujan lebat dan gelombang laut sewaktu berlalu dekat pulau Oahu, Kauai dan Niihau di negara bagian Hawaii. Sementara itu sisa-sisa apa yang semula merupakan Badai Hanna menurunkan hujan yang menimbulkan banjir di bagian utara Meksiko dan selatan Texas.

Pusat Badai Nasional menyatakan beberapa bagian Hawaii, termasuk Oahu, di mana ibu kota negara bagian, Honolulu, berada, diperkirakan diguyur hujan dengan curah tujuh hingga 15 centimeter hingga hari Senin, yang menimbulkan ancaman banjir bandang dan tanah longsor.

Douglas membawa angin dengan kecepatan maksimum sekitar 140 kilometer per jam pada Senin dini hari. Depresi Tropis Hanna diperkirakan terus melemah pada hari Senin, tetapi terus menimbulkan ancaman dalam bentuk hujan lebat dan kemungkinan banjir.

Para peramal cuaca menyatakan kawasan yang paling terancam adalah negara bagian-negara bagian Coahuila, Nuevo Leon dan Tamaulipas di Meksiko, di mana curah hujan hingga Senin mungkin mencapai 15 hingga 30 centimeter.

Hanna menerjang Pesisir Teluk di Texas sebagai Badai Kategori 1 pada hari Sabtu, dengan menimbulkan hujan lebat dan angin kencang di negara bagian yang sedang mengalami kesulitan akibat wabah virus corona itu.

Para petugas telah mengevakuasi sejumlah pasien COVID-19 di daerah pedalaman ke rumah sakit-rumah sakit lainnya untuk memberi tempat bagi kasus-kasus darurat terkait badai.

Hanna menyebabkan listrik padam di beberapa daerah di bagian selatan Texas, menghancurkan kapal-kapal dan membuat jalan-jalan kebanjiran, tetapi tidak ada kematian atau cedera serius yang dilaporkan di Texas atau Meksiko. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG