Tautan-tautan Akses

AS

Badai Hanna Melanda Texas; Hawaii Bersiap Hadapi Douglas


Karyawan City of Corpus Christi tengah memasukkan karung pasir ke mobil orang sebagai persiapan dalam menghadapi badai tropis Hanna, 24 Juli 2020, sebagai ilustrasi. (Foto: AP)

Badai Hanna menghantam pesisir selatan Texas dengan angin kencang dan gulungan ombak Minggu dini hari (26/7), sehingga menimbulkan hujan sangat lebat dan kemungkinan banjir bandang di daerah-daerah yang sedang berjuang mengatasi virus corona.

Badai Hanna menyapu Pulau Padre Sabtu sore (25/7) sebagai badai kategori satu dalam skala Saffir-Simpson, dan kemudian meningkat menjadi kategori dua ketika mencapai Eastern Kennedy County, Texas.

Badai ini kembali melemah ketika mencapai daratan dan pada Minggu pagi menjadi badai tropis. Pusat Badai Nasional mengatakan pusat badai terletak sekitar 65 kilometer dari Mcallen, Texas, dan sekitar 105 kilometer Monterrey, Meksiko; dengan kekuatan sekitar 95 kilometer per jam. Badai diperkirakan akan menyapu Texas dan bagian timur laut Meksiko.

Pusat Badai Nasional membatalkan peringatan yang sebelumnya dikeluarkan di pesisir Texas, tetapi mengatakan badai Hanna dapat mencurahkan hujan lebat hingga 45 sentimeter di daerah itu hingga hari Senin (27/7).

Gubernur Texas Greg Abbot dalam konferensi pers hari Sabtu mengatakan badai Hanna menantang karena menyapu daerah-daerah yang sedang dilanda wabah virus corona. Ia mengeluarkan peringatan bencana di 32 distrik di Texas yang akan dilalui badai itu.

Juga Sabtu (25/7), sekitar 6.000 kilometer di sebelah barat, peringatan badai dikeluarkan bagi pulau Oahu di Hawaii, dimana Badai Douglas diperkirakan mendarat Minggu (26/7).

Presiden Donald Trump mengeluarkan deklarasi darurat pada Sabtu (25/7) untuk wilayah Hawaii karena Douglas. Badai itu diperkirakan akan melemah sebelum mendarat, tapi masih termasuk badai Kategori 1. Deklarasi itu memungkinkan bantuan federal dikerahkan untuk membantu upaya negara bagian dan lokal. [vm/ah]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG