Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Bertha Singgah Sebentar di South Carolina


Gambar Badai Bertha diabadikan satelit GOES-16. Rabu, 27 Mei 2020. (Foto: NOAA via AP)
Gambar Badai Bertha diabadikan satelit GOES-16. Rabu, 27 Mei 2020. (Foto: NOAA via AP)

Badai Tropis Bertha secara tak terduga sempat melanda pantai tenggara wilayah AS, Rabu (27/5). Badai merendam Charleston, South Carolina dan pantai-pantai terdekat dengan hujan lebat dan angin kencang, tetapi tidak menyebabkan kerusakan besar.

Bertha mengejutkan beberapa peramal cuaca dengan membentuk formasi di lepas pantai, mencapai daratan, dan bergerak menuju daratan hanya dalam waktu dua jam - waktu yang hampir sama diperlukan untuk menonton film.

Pada Rabu (27/5) malam, Bertha diperkirakan turun menjadi badai tropis biasa yang seharusnya akan membasahi sebagian dari North Carolina dan Virginia barat daya sebelum berubah menjadi apa yang disebut para peramal sebagai remnant low – sisa hujan dan angin kencang pasca badai tropis.

Bertha merupakan badai kedua yang menurut peramal cuaca akan menjadi musim badai yang sangat sibuk di perairan Atlantik. Secara resmi musim badai dimulai 1 Juni dan berlangsung hingga 30 November. Akan tetapi dua badai telah mencapai daratan termasuk Badai Tropis Arthur yang menghantam North Carolina pada awal bulan ini.

Peramal cuaca memperkirakan sebanyak 19 badai disebut terjadi tahun ini dimana hingga 10 badai berkembang menjadi badai besar. Enam diantaranya dapat menjadi badai yang sangat besar - Kategori 3 atau lebih tinggi. [mg/pp]

XS
SM
MD
LG