Tautan-tautan Akses

Badai Dorian Diperkirakan Melanda Nova Scotia, Kanada


Kapal-kapal di dermaga di Halifax, Nova Scotia terombang-ambing ombak besar seiring dengan Badai Dorian yang makin mendekat, 7 September 2019.

Dorian menguat menjadi badai Kategori 2 selama beberapa jam, Sabtu (7/9), ketika bergerak menuju pantai timur Kanada, kata para pejabat cuaca. Namun, kekuatannya menurun menjadi Kategori 1 pada sore hari.

Pusat Badai Kanada mengatakan Dorian diramalkan mengenai Nova Scotia Sabtu malam (7/9).

Para pejabat mengatakan gelombang luar badai telah mulai melanda bagian selatan New Brunswick dan Nova Scotia, menyebabkan gelombang pasang dan banjir di sebagian kawasan pantai, serta menumbangkan pepohonan dan memadamkan listrik.

Namun sebelum mencapai Kanada, Dorian melewati negara bagian Massachusetts dan Maine di AS.

Pada Jumat (6/9), Badai Dorian mendarat di Cape Hatteras, North Carolina, setelah melemah menjadi badai Kategori 1 dan menghasilkan tornado, gelombang badai dahsyat, dan banjir di wilayah pesisir di North dan South Carolina.

Setelah mendarat, Dorian mulai bergerak keluar ke lautan Atlantik dan melanjutkan perjalanannya ke pesisir timur AS, kata Pusat Badai Nasional (NHC).

Gubernur North Carolina Roy Cooper mengatakan ada "kekhawatiran mendalam mengenai ratusan orang yang terperangkap di Pulau Ocracoke" di wilayah Outer Banks.

Sebelum melanda AS, Dorian telah menghancurkan Bahama dengan kekuatan yang lebih dahsyat dan ribuan orang terkena dampaknya.

Jumlah korban tewas di Bahama adalah 43, tapi angkanya diperkirakan akan bertambah. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG