Tautan-tautan Akses

AS

Badai di Selatan, Rekor Hangat di Timur AS


Matahari menyinari jembatan Brooklyn di New York, 8 Januari 2020. (Foto: AFP)

Januari yang biasanya sangat dingin terasa seperti April di berbagai bagian selatan dan timur AS. Ini terjadi setelah badai yang biasanya terjadi pada musim semi melanda beberapa negara bagian di selatan pada akhir pekan. Sementara itu, suhu hangat yang tak biasa melanda bagian timur AS.

Tornado, banjir, dan angin badai menewaskan sedikitnya sebelas orang di Texas, Oklahoma, Louisiana, dan Alabama.

Sekitar 200.000 warga mengalami pemadaman listrik pada Minggu (12/1/2020) karena badai kuat memutus saluran listrik, membalikkan mobil-mobil, dan mencabut pepohonan.

Angin kencang juga memutus listrik di Pantai Timur, sementara peringatan banjir dikeluarkan pada Minggu (12/1/2020) di beberapa negara bagian selatan lain.

Sementara itu, jutaan orang di bagian timur laut Amerika menggantung jaket tebal mereka, Minggu (12/1/2020). Suhu hangat yang memecahkan rekor di musim dingin memanjakan para pelari, pemain golf, dan siapapun yang menyukai aktivitas luar ruangan.

Suhunya tercatat 22 derajat Celsius di Boston dan 20 derajat Celsius di Central Park New York.

Para pengamat meteorologi mengatakan pusaran kutub yang intens --- udara dingin di ketinggian yang dikelilingi angin kuat -- menyebabkan suhu dingin tak menyebar dari Kutub Utara.

Tapi para peramal cuaca mengatakan wilayah Timur akan mengalami suhu dingin Januari seperti biasa pekan ini. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG