Tautan-tautan Akses

Australia Evakuasi Warga dari Jalur Kebakaran Hutan


Mobil gawat darurat dari DELWP Gippland di dekat kabut asap akibat kebakaran hutan di East Gippsland, Victoria, 2 Januari 2020.
Mobil gawat darurat dari DELWP Gippland di dekat kabut asap akibat kebakaran hutan di East Gippsland, Victoria, 2 Januari 2020.

Evakuasi dari jalur kebakaran hutan yang menghancurkan sedang berlangsung di Australia, di mana PM Scott Morrison hari Kamis (2/1) menyatakan bahwa pemerintah sedang melakukan respons terpadu yang terkoordinasi dengan baik terkait krisis tersebut.

Pernyataan Morrison itu muncul sementara kapal-kapal dan pesawat militer mulai mengevakuasi warga yang terperangkap di kawasan East Gippsland, Victoria.

Morrison juga mengatakan upaya-upaya sedang dilakukan untuk membantu mengatasi kelangkaan BBM dan memulihkan jaringan komunikasi yang putus di beberapa daerah yang dilanda kebakaran.

“Setiap upaya disiapkan untuk memastikan semua hal itu dapat dikerahkan sesegera mungkin. Dalam beberapa kasus, kami mampu mengirim tanker untuk memulihkan pasokan BBM yang sekarang sangat membantu sekali,” kata Morrison.

Ribuan pelanggan juga mengalami pemadaman listrik sementara pasar swalayan beroperasi dengan pasokan terbatas dan pom-pom bensin mengalami kelangkaan BBM dalam beberapa hari ini.

Wisatawan dalam jarak 250 kilometer dari kawasan itu ke Pesisir Selatan New South Wales didesak untuk meninggalkan kawasan itu dalam waktu 24 jam sebelum kembalinya kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.

Sedikitnya 18 orang telah tewas, 1.200 rumah hancur dan jutaan hektar lahan hangus terbakar akibat kebakaran hutan sejak September lalu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG