Tautan-tautan Akses

AS

Badai Delta Hantam AS


Karung pasir super ditempatkan di bagian atas tanggul "burrito" yang terbuka dan rusak sebagai persiapan menghadapi gelombang badai Delta Badai di Grand Isle, Kamis, 8 Oktober 2020. (Foto: AP)

Dengan peringatan badai dan "gelombang badai yang mengancam nyawa" dari Texas timur ke Mississippi, para pakar cuaca Amerika mengatakan Badai Delta mendarat pada Jumat (9/10) malam di Louisiana tengah. Enam minggu sebelumnya Badai Laura juga menghantam kawasan Pantai Teluk AS.

Dalam laporan terbarunya, Pusat Badai Nasional mengatakan, Badai Delta melanda dengan angin berkecepatan maksimum sekitar 155 kilometer per jam, menjadikannya badai dengan kategori 2 pada skala Saffir-Simpson yang digunakan untuk mengukur kekuatan badai.

Pusat Badai mengatakan, badai diperkirakan akan melemah dengan cepat ketika pusat badai bergerak ke daratan. Peringatan gelombang badai tetap berlaku dari High Island, Texas, ke mulutSungai Pearl di perbatasan Louisiana-Mississippi.

Delta adalah badai terbaru dari serangkaian badai yang melanda pantai teluk AS tahun ini, dengan badai Laura kategori 4 yang menyerang akhir Agustus, menyebabkan 27 orang tewas. Sebagian besar wilayah, terutama komunitas kecil Cameron, Louisiana, dan kota Lake Charles, Louisiana, sekitar 30 mil ke pedalaman dari tempat Delta menuju ke darat, masih belum pulih dari kerusakan akibatbadai Laura. [ps/ah]

XS
SM
MD
LG