Tautan-tautan Akses

AS

Badai Delta Menuju Kawasan Louisiana Barat Daya


Puing-puing yang dibiarkan berserakan di luar sebuah rumah akibat hantaman Badai Laura, di Danau Charles, Louisiana, AS, 8 Oktober 2020. Kawasan ini tengah bersiap-siap menghadapi datangnya Badai Delta.

Pusat Badai Nasional AS (NHC) Jumat pagi (9/10) menyatakan “badai besar Delta” bergerak menuju Louisiana Barat Daya. Para pakar cuaca menyatakan Delta diperkirakan menimbulkan gelombang pasang akibat badai yang mengancam jiwa ke beberapa bagian utara pesisir Teluk Meksiko Jumat siang.

Para pakar cuaca Kamis (8/10) larut malam menyatakan Badai Delta telah menguat “sedikit” sewaktu bergerak menuju kawasan pesisir Teluk Meksiko di AS.

Peringatan gelombang pasang akibat badai diberlakukan dari High Island Texas hingga ke muara Pearl River, Louisiana, sementara peringatan badai diberlakukan dari High Island, Texas, hingga Morgan City, Louisiana.

Menurut para pakar cuaca, pusat badai Delta akan bergerak di kawasan barat laut Teluk Meksiko hari Jumat, menuju daratan pada Jumat sore atau malam.

Badai kategori 3 ini bergerak dengan membawa angin berkecepatan maksimum 195 km/jam.

Para pakar cuaca menyatakan badai ini diperkirakan melemah dengan cepat setelah pusat badai bergerak menuju daratan.

Delta menerjang Semenanjung Yucatan Meksiko pada hari Rabu sebagai badai kategori 2, menimbulkan banjir di jalan-jalan, menumbangkan pohon, menyebabkan ratusan ribu keluarga mengalami pemadaman listrik. Pihak berwenang melaporkan tidak ada kematian atau korban cedera akibat badai ini. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG