Tautan-tautan Akses

Australia Terbuka: Federer, Djokovic Incar Gelar Ketujuh


Novak Djokovic (kanan) memegang trofi turnamen tenis Rookwood Cup setelah mengalahkan Roger Federer (kiri), di Mason, Ohio, 19 Agustus 2018.

Roger Federer dan Novak Djokovic, yang sama-sama menggenggam enam kali gelar juara Australia Terbuka, bisa membuat sejarah dengan meraih gelar ketujuh dengan dimulainya turnamen Grand Slam pertama untuk tahun ini di Melbourne, mulai Senin (7/1).

Kedua petenis, yang sudah menginjak usia 30an, akan menghadapi perlawanan berat dari petenis yang lebih muda, Alexander Zverev, yang mengincar gelar utama pertama sebagai generasi petenis selanjutnya.

Tapi ada tanda tanya besar mengenai kesiapan fisik Rafael Nadal dan Andy Murray. Itu artinya, masih harus dilihat apakah petenis anggota “Empat Besar” akan membuktikan bahwa mereka kekuatan yang masih diperhitungkan.

Dua belas bulan lalu Federer mengalahkan Marin Cilic di Rod Laver Arena dalam lima set dan mengangkat piala Grand Slam ke-20.

Federer menyamakan prestasi dengan juara enam kali Australia Terbuka Djokovic dan Roy Emerson.

Sementara itu, Djokovic, 31 tahun, harus berkemas lebih awal di Melbourne tahun lalu menyusul cedera siku dan hasil-hasil laga yang mengecewakan hingga dia harus terlempar dari 20 besar.

Tapi sejak memenangkan gelar Wimbledon keempat pada Juli lalu, petenis asal Serbia itu langsung melaju ke peringkat nomor satu dengan hanya kalah di tiga pertandingan.

Federer asal Swiss, yang sekarang berusia 37 tahun, akan tetap menjadi ancaman utama Djokovic. Tapi dua anggota Empat Besar lainnya tampaknya berjuang mengatasi cedera selama 2018.

Nadal, 32 tahun, yang berada di peringkat kedua, mundur dari turnamen pemanasan di Brisbane karena kejang otot paha, meski dia kembali ke Sydney dan berkeras masih sehat.

Petenis peringkat kelima asal Argentina, Juan Martin del Potro, yang dikalahkan Djokovic pada final AS Terbuka, absen pada Australia Terbuka kali ini setelah mengalami cedera pada tempurung lututnya saat bertanding di Shanghai, Oktober lalu.[ft]

XS
SM
MD
LG