Tautan-tautan Akses

Astronom Temukan Planet Baru Berukuran Sebesar Bumi

  • Associated Press

Ilustrasi yang dirilis oleh European Southern Observatory pada Rabu, 15 November 2017, memperlihatkan Planet Ross 128 b, yang mengorbit bintang kerdil merah, berjarak 11 tahun-cahaya dari Planet Bumi.

Para astronom telah menemukan sebuah planet baru yang berukuran sebesar bumi. Di planet baru itu, yang juga berjarak dekat dengan Bumi, satu tahun berjalan kurang dari 10 hari.

Dengan jarak 11 tahun-cahaya, Ross128 b adalah planet terdekat kedua yang terdeteksi di luar tata surya kita dengan suhu permukaan yang kemungkinan sama dengan suhu permukaan Bumi.

Ross128 b terletak dekat dengan bintangnya, sehingga memiliki jarak orbit yang pendek. Meski jaraknya dekat, planet ini tidak terpanggang karena bintang kerdil merah ini bertemperatur dingin. Bintangnya juga tenang, yang artinya tidak ada percikan-percikan lidah radiasi.

Ini adalah kabar gembira bagi mereka yang mencari kehidupan di luar bumi. Planet ini diyakini berbatasan dengan apa yang disebut zona yang bisa ditinggali.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Xavier Bonfils dari Universitas Grenoble Alps menemukan Ross128 saat menggunakan Observatorium La Silla di Chille. Penemuan ini dilaporkan Rabu (16/11).

Jumlah planet di luar tata surya Bumi mencapai 3,550 planet, menurut perhitungan NASA. [fw/au]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG