Tautan-tautan Akses

AS

AS, VOA Kecam Vonis Hukuman 8 Tahun Penjara Iran untuk Saudara Pembawa Acara TV VOA


Alireza Alinejad dijatuhi hukuman 8 tahun penjara di Iran (foto: dok).

Hukuman yang dijatuhkan Iran atas saudara laki-laki pembawa acara TV VOA Seksi Persia TV selama delapan tahun penjara sebagai praktik intimidasi terhadap kerabat wartawan Iran yang hidup di pengasingan, telah mengundang kecaman dari pemerintahan Trump dan manajer VOA.

Seorang pengacara untuk saudara laki-laki Masih Alinejad, pembawa acara TV VOA yang berbasis di New York, memberitakan bahwa saudara lelakinya Alireza Alinejad telah dijatuhi hukuman penjara delapan tahun, melalui cuitan di Twitter hari Rabu (15/7).

Berikut pernyataan dari organisasi IranHumanRights di Twitter.

Pengacara Saeed Deghan mengatakan Pengadilan Revolusioner Teheran menjatuhkan hukuman terhadap Alireza Alinejad dalam sidang hari Rabu karena dianggap bertindak membahayakan keamanan nasional, menghina Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan terlibat dalam propaganda antipemerintah.

Otoritas Iran menangkap pria berusia 45 tahun, ayah dari dua anak itu September lalu dan telah menahannya di penjara Evin Teheran, yang membuatnya rentan terhadap infeksi virus corona.

CEO Badan untuk Global Media (USAGM) Michael Pack mengeluarkan pernyataan pada hari Jumat yang mengatakan, “Di negara-negara yang bermusuhan dengan kebebasan berekspresi, teman-teman dan anggota keluarga jurnalis juga sering mengalami penganiayaan dan hukuman, mulai dari intimidasi hingga pembunuhan, hanya karena hubungan keluarga atau teman.”

“Rezim Iran adalah totaliter,” bunyi pernyataan Michael Pack.

“Iran telah mencekik arus informasi dan menggunakan taktik tirani untuk membungkam rakyatnya selama beberapa dekade. USAGM tetap berkomitmen penuh untuk mendukung dan melindungi para jurnalisnya, termasuk mereka yang dengan gagah berani berusaha mencapai rakyat Iran. USAGM berdiri bersama Alireza dan keluarganya selagi badan ini meningkatkan perjuangan Amerika demi kebebasan dalam perang gagasan global.” [lt/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG