Tautan-tautan Akses

AS Umumkan Tuduhan Baru Terhadap Pendiri WikiLeaks


Seorang Julian Assange, dengan poster pendiri WikiLeaks, bergabung bersama para pengunjuk rasa lainnya untuk memblokir jalan utama di depan Pengadilan Westminster di London, 2 Mei 2019.

Jaksa Penuntut Amerika pada Kamis (23/5) mengumumkan tuduhan kejahatan baru terhadap Julian Assange, pendiri Wikileaks yang sedang dipenjara. Dia dikenakan tuduhan melakukan pembocoran informasi rahasia terbesar dalam sejarah Amerika.

Sebuah daftar berisi 18 butir tuntutan telah disusun oleh juri federal di distrik Virginia Timur. Assange dituduh berkonspirasi dengan mantan prajurit Angkatan Darat, Chelsea Manning, untuk memperoleh ratusan ribu laporan sangat rahasia pemerintah Amerika tentang perang di Afghanistan dan Irak, serta juga penjara Guantanamo.

Dokumen-dokumen itu memuat nama jurnalis, pemimpin agama, aktivis HAM, serta sumber-sumber lain yang menyediakan informasi untuk pasukan Amerika di Afghanistan dan Irak serta juga diplomat Amerika di seluruh dunia. Pengukapan itu, kata penuntut, menimbulkan ancaman serius terhadap keamanan Amerika. [jm]

XS
SM
MD
LG