Tautan-tautan Akses

AS

AS Umumkan Paket Bantuan untuk Petani AS Senilai $16 Miliar


Presiden Donald Trump ditemani Menteri Pertanian Sonny Perdue (kanan), para petani dan peternak, berbicara di Gedung Putih, Washington, 23 Mei 2019.

Pemerintah AS menyediakan bantuan senilai $16 miliar atau sekitar Rp 231 triliun kepada petani Amerika yang menderita kerugian akibat perang dagang yang sedang berlangsung dengan China.

Menteri Pertanian Sonny Perdue memberitahu Fox Business News, Kamis (23/5), sebagian besar dana akan langsung diberikan kepada petani, sementara sisanya akan diarahkan pada inisiatif bantuan, seperti bantuan makanan dan program makan siang di sekolah.

Pemerintahan Trump mengalokasikan $12 miliar atau Rp 173 triliun sebagai bantuan kepada petani tahun lalu untuk mengganti kerugian yang mereka derita akibat perang dagang Presiden Trump dengan China dan mitra dagang lainnya.

Perdue tidak memberikan informasi tambahan tentang paket bantuan ini, tetapi mengatakan akan memberikan infomrasi lebih lanjut pada Kamis. Trump merencanakan berpidato yang ditujukan kepada para petani, Kamis siang, dalam sebuah acara di Gedung Putih.

Trump memberlakukan tarif atas ribuan produk China, dan China membalas dengan pemberlakuan tarifnya sendiri atas ekspor Amerika ke China. Khususnya ekspor pertanian dari pedesaan Amerika, di mana Trump punya dukungan yang kuat. [jm]

XS
SM
MD
LG