Tautan-tautan Akses

AS Tuntut Komitmen BP Bayar Ganti Rugi Tumpahan Minyak


Dua menteri kabinet Obama mengatakan, rakyat AS mempunyai hak untuk mengetahui dengan jelas komitmen British Petroleum.

Pemerintahan Presiden Obama menuntut klarifikasi segera dari perusahaan minyak British Petroleum atas komitmennya untuk membayar ganti rugi atas kerusakan akibat kebocoran minyak di Teluk Mexico.

Dalam surat kepada CEO BP Tony Hayward, Menteri Dalam Negeri Amerika Ken Salazar dan Menteri Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano mengatakan, rakyat mempunyai hak untuk mengetahui dengan jelas komitmen BP itu.

Surat tertanggal 14 Mei itu mengutip pernyataan-pernyataan pejabat-pejabat BP yang mengatakan, BP akan membayar semua biaya pembersihan dan tagihan-tagihan yang sah terkait kebocoran minyak itu, sekali pun jumlah tagihan itu melampaui kewajiban tertinggi sebesar 75 juta dolar seperti tertuang dalam Undang-undang Polusi Minyak.

Pekerja BP hari Sabtu bekerja untuk menutup kebocoran itu, yang dimulai tiga bulan lalu akibat meledaknya sebuah pipa pengeboran minyak. Pekerja berupaya menutup bocor pada pipa bawah laut dengan sebuah tabung yang bisa digunakan untuk memompa minyak ke kapal di permukaan laut.

XS
SM
MD
LG