Tautan-tautan Akses

AS

AS Tuding Iran Gunakan Program Antariksa untuk Kembangkan Misil Balistik


Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. (Foto: dok).

Amerika Serikat untuk pertama kali memberlakukan sanksi terhadap badan antariksa Iran, setelah menuduh Teheran menggunakannya untuk menutupi program misilnya.

"AS tidak akan membiarkan Iran menggunakan program peluncuran antariksa sebagai topeng untuk memajukan program misil balistiknya,” kata Menlu AS Mike Pompeo, Selasa (3/9).

Sanksi-sanksi itu diberlakukan terhadap Dinas Antariksa Iran, Pusat Riset Antariksa Iran, dan Lembaga Riset Aeronotika Iran.

Aset-aset yang dimiliki entitas-entitas ini di AS diblokir, dan warga negara AS dilarang melakukan bisnis dengan badan-badan itu.

AS mengatakan teknologi kendaraan peluncur antariksa Iran identik dengan teknologi peluncur misil balistik, termasuk cara-cara mengontrol misil selama penerbangannya.

AS juga memperingatkan, komunitas ilmiah internasional yang bekerjasama dengan Iran dalam mengembangkan kendaraan peluncur antariksa bisa dianggap terlibat dalam memajukan program misil balistik Iran.

Iran mengatakan, program antariksanya ditujukan untuk membangun roket-roket yang akan digunakan untuk meluncurkan satelit-satelit komunikasi. Iran telah meluncurkan dua satelit ke orbit sejak 2013. Namun tiga usaha lainnya tahun ini mengalami kegagalan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG