Tautan-tautan Akses

AS Tegaskan Kesiapan untuk Membela Diri dan Sekutu dari Korut


Dari kiri, Menhan Jepang Itsunori Onodera, Menlu Jepang Taro Kono, Menlu AS Rex Tillerson dan Menhan AS James Mattis berjabat tangan “dengan gaya ASEAN” di awal pertemuan Komite Konsultatif Keamanan di Deplu AS, Washington, 17 Agustus 2017 (foto: AP Photo/Jacquelyn Martin)

Para pejabat Amerika menyatakan Amerika tetap teguh dalam komitmennya terhadap sekutu-sekutu di Asia setelah ada ancaman dari Korea Utara. Mereka juga mengindikasikan bahwa diplomasi “harus didukung oleh konsekuensi militer yang kuat.”

Dalam lawatan ke Jepang, seorang jenderal senior Amerika menyatakan kembali komitmen kuat Washington bagi keamanan sekutu terdekatnya di Asia. Joseph Dunford, Ketua Gabungan Kepala Staf militer Amerika, mengatakan kepada Kepala Staf Pasukan Bela Diri Jepang, Laksamana Katsutoshi Kawano hari Jumat bahwa menurutnya, Amerika telah menjelaskan kepada Korea Utara dan siapapun di wilayah lain bahwa serangan terhadap satu negara di sana adalah serangan terhadap Amerika juga. Menurutnya, mencegah serangan tersebut merupakan hal yang sangat penting. Dunford lebih dulu mengunjungi Korea Selatan dan China sebelum tiba di Jepang.

Juga Jumat, Dunford mengatakan dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo bahwa hubungan bilateral di tingkat militer kedua negara itu sangat kokoh.

Pada pertemuan itu Abe kembali mengemukakan penghargaannya kepada Presiden Amerika Donald Trump karena menyatakan semua opsi terbuka sehubungan dengan permusuhan Korea Utara.

Tokyo tetap waspada karena kekhawatiran mengenai program senjata nuklir dan misil Korea Utara meningkat dalam beberapa pekan belakangan, setelah Pyongyang mengancam akan menembakkan misil yang melintasi angkasa Jepang ke arah Guam, wilayah Amerika di Pasifik. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG