Tautan-tautan Akses

AS: Taliban Pakistan di Balik Usaha Pengeboman Times Square


Jaksa Agung Amerika mengatakan memiliki bukti Taliban Pakistan berada di belakang upaya peledakan bom mobil yang gagal tersebut.

Dua pejabat senior Amerika mengatakan, Amerika Serikat memiliki bukti bahwa Taliban Pakistan berada di belakang upaya peledakan bom mobil yang gagal di Kota New York.

Jaksa Agung Eric Holder hari Minggu mengatakan kepada televisi ABC, bahwa para penyidik telah mengembangkan bukti yang mengaitkan Faizal Shahzad, warga Amerika kelahiran Pakistan, dengan Taliban di Pakistan. Holder mengatakan Shahzad “bekerja sesuai petunjuk mereka” sewaktu berusaha meledakkan bom di Times Square pada 1 Mei.

Deputi Penasihat Keamanan Nasional urusan Keamanan Dalam Negeri dan Kontraterorisme John Brennan mengatakan dalam wawancara dengan televisi Fox bahwa Shahzad menerima pelatihan dari Taliban Pakistan dan tampaknya kelompok itulah yang mendanai upayanya meledakkan bom.

Shahzad, yang berusia 30 tahun, ditangkap pekan lalu sewaktu akan meninggalkan Amerika. Ia telah dikenai dakwaan berusaha meledakkan sebuah bom mobil sederhana rakitan sendiri namun berkekuatan besar di kota New York pada hari Sabtu pekan lalu.

XS
SM
MD
LG