Tautan-tautan Akses

AS Skeptis Taliban Bantu Kontraterorisme


Tentara Taliban berfoto di Kabul, Afghanistan, 1 September 2021. (Foto: WANA/West Asia News Agency via REUTERS)
Tentara Taliban berfoto di Kabul, Afghanistan, 1 September 2021. (Foto: WANA/West Asia News Agency via REUTERS)

Amerika Serikat (AS) tidak mengesampingkan kemungkinan bekerja sama dengan Taliban untuk melawan ancaman afiliasi kelompok teror ISIS di Afghanistan. Namun, para pejabat memperingatkan agar tidak mengharapkan banyak bantuan.

“Itu mungkin,” cetus Jenderal Mark Milley, Ketua Kepala Staf Gabungan, kepada wartawan di Pentagon, Selasa (31/8). Ia menjawab pertanyaan untuk pertama kali sejak pasukan AS terakhir meninggalkan Afghanistan.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin juga mengatakan bahwa kecil kemungkinan bekerja sama dengan Taliban terkait kelompok teroris ISIS-Khorasan, meskipun ada koordinasi antara pasukan AS dan komandan Taliban selama evakuasi AS baru-baru ini dari Kabul.

“Kami bekerja sama dengan Taliban pada rangkaian masalah yang sangat sempit, dan itu hanya untuk mengeluarkan sebanyak mungkin orang,” kata Austin.

Meskipun kurangnya kepercayaan antara AS dan Taliban setelah 20 tahun bertempur, tetap ada pertanyaan tentang apakah Taliban akan bekerja sama dalam menghadapi ISIS-K. Taliban telah berkoordinasi dengan AS untuk keamanan di bandara Kabul, sementara penarikan dan evakuasi hampir berakhir. Selain itu, AS dan Taliban melihat ISIS-K sebagai musuh bersama. [ka/ah]

XS
SM
MD
LG