Tautan-tautan Akses

AS Siap Kirim Bantuan Penanganan Gempa Sulteng


Seorang pria menyelamatkan harga benda dari puing-puing bangunan menyusul tsunami pada pekan lalu yang melanda pemukiman di Donggala, Sulawesi Tengah, 2 Oktober 2018.

Departemen Luar Negeri Amerika menerangkan, pihaknya siap membantu Indonesia dalam menanggulangi bencana gempa bumi dan tsunami yang menewaskan lebih dari 1.200 orang di Sulawesi Tengah.

Lewat pernyataan, Selasa (2/10), Amerika mengatakan akan memberi bantuan awal dan terus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia serta Kedutaan Amerika di Jakarta untuk menentukan bagaimana memberikan respon terbaik.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, Senin (1/10), Amerika sudah memberi bantuan awal sebesar $100 ribu melalui USAID. Selain itu, Deplu AS sedang bekerja erat dengan USAID dan Departemen Pertahanan menentukan bagaimana langkah selanjutnya.

Kedutaan Amerika di Jakarta menerangkan pihaknya mengetahui ada warga Amerika yang terkena bencana itu, namun tidak ada yang tewas atau luka-luka. Ditambahkan bahwa hampir semua warga Amerika sudah dievakuasi atau akan dievakuasi dari daerah bencana.

Warga Amerika yang selamat di daerah bencana dianjurkan menghubungi keluarga mereka atau memperbarui status media sosial mereka. Sedang yang memerlukan bantuan darurat diminta menghubungi pihak berwenang setempat. [al]

Recommended

XS
SM
MD
LG