Tautan-tautan Akses

AS Segera Putuskan Pengecualian Terkait Nuklir Iran


Presiden AS Donald Trump menunjukkan dokumen pengunduran AS dari perjanjian nuklir dengan Iran di Ruang Diplomatik, Gedung Putih, di Washington, 8 Mei 2018.
Presiden AS Donald Trump menunjukkan dokumen pengunduran AS dari perjanjian nuklir dengan Iran di Ruang Diplomatik, Gedung Putih, di Washington, 8 Mei 2018.

Pemerintahan Trump, Selasa (29/10), menghadapi tenggat yang ditentukannya sendiri untuk memutuskan apakah akan memperpanjang pengecualian yang memungkinkan kekuatan dunia lainnya bekerja sama dengan Iran pada proyek-proyek nuklir sipil tanpa harus dikenai sanksi AS.

Berbicara dalam sidang Senat pada 16 Oktober, Utusan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook, mengatakan pengecualian nuklir Iran yang diperbarui Departemen Luar Negeri selama 90 hari pada 30 Juli, berakhir pada 29 Oktober. Ia mengatakan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo harus membuat keputusan apakah akan membatalkan lima pengecualian atau memperbarui salah satunya untuk periode tambahan.

Kelima pengecualian itu memungkinkan Eropa, Rusia dan China mengerahkan personel keempat lokasi nuklir Iran untuk bekerja sama dengan rekan-rekan mereka dari Iran. Hal itu untuk memastikan lokasi itu tidak terlibat dalam kegiatan untuk membuat senjata nuklir. Amerika dan sekutunya telah lama menuduh Iran berupaya meningkatkan kemampuan senjata nuklirnya, sementara Teheran mengatakan program nuklirnya bertujuan damai.

Iran setuju bekerja sama dengan para ahli internasional untuk melarang kegiatan terkait senjata potensial di empat lokasi nuklirnya dengan imbalan keringanan sanksi internasional sebagai bagian dari kesepakatan 2015 dengan kekuatan dunia.

Presiden AS Donald Trump tahun lalu menarik diri dari kesepakatan itu dan secara sepihak memberlakukan kembali sanksi AS terhadap Iran. Ia mengatakan kesepakatan 2015 itu tidak cukup keras terhadap Iran dan meluncurkan kampanye "tekanan maksimum" untuk memaksa Teheran meninggalkan ambisi senjata nuklirnya dan kegiatan jahat lainnya.[my/pp]

XS
SM
MD
LG