Tautan-tautan Akses

AS: Sebagian Militan Telah Menyingkir dari Zona Demiliterisasi Idlib


Pejuang Suriah berdiri di bagian belakang truk pick up saat berpartisipasi dalam latihan perang untuk mengantisipasi serangan rezim di Provinsi Idlib dan di sekitar daerah pedesaan. Latihan ini diadakan sebagai bagian acara kelulusan anggota Hayat Tahrir al-Sham (HTS) di sebuah kamp di pedesaan di Provinsi Idlib, 24 Agustus 2018.

Seorang pejabat senior AS mengatakan sebagian, namun mungkin tidak semua pemberontak militan telah menyingkir dari zona demiliterisasi di Provinsi Idlib Suriah, dua hari setelah batas waktu untuk pergi.

"Ada beberapa pertanyaan, apakah semua anggota HTS (kelompok militan Hayat Tahrir al-Sham) telah pergi," kata Wakil Khusus James Jeffrey kepada wartawan Rabu. "Namun sudah ada beberapa penarikan mundur teroris dari zona itu"

HTS yang terkait al-Qaeda adalah kelompok jihad paling kuat di Idlib, bagian terakhir Suriah yang masih dikendalikan oleh para pemberontak.

Jeffrey mengatakan sejalan dengan penarikan mundur sebagian militan itu setidaknya semua senjata berat telah keluar dari zona penyangga.

"Ini adalah langkah besar karena tidak hanya membekukan konflik di sana, tetapi juga di tempat lain."

Idlib adalah bagian penting terakhir Suriah yang masih dikendalikan para pemberontak.

Menurut kesepakatan yang dimediasi Rusia, sekutu utama Suriah dan Turki, yang mendukung pemberontak, pasukan dari pemberontak dan pemerintah Suriah sepakat untuk mundur dan membentuk zona demiliterisasi di Idlib.[my]

XS
SM
MD
LG