Tautan-tautan Akses

AS Pertimbangkan Opsi Baru terhadap Korut


Menhan Gates mengatakan mempertimbangkan alternatif menuntut pertanggung-jawaban Korea Utara atas insiden Cheonan.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan penenggelaman kapal perang Korea Selatan adalah bagian dari pola agresi yang gegabah Korea Utara.

Gates mengatakan kepada para menteri pertahanan Asia di Singapura hari Sabtu ini bahwa Amerika Serikat sedang mempertimbangkan alternatif lain untuk menuntut pertanggung-jawaban Korea Utara. Ia tidak memberi keterangan lebih jauh.

Gates mengatakan, sejak penenggelaman kapal Cheonan - Amerika, Korea Selatan dan negara-negara lain mengadakan konsultasi erat . Amerika memberikan dukungan kepada Korea Selatan, dan akan mengadakan latihan militer bersama, serta mendukung usaha Korea Selatan di Dewan Keamanan PBB. Amerika sedang mempertimbangkan opsi lain bagi pertanggungan-jawab Korea Utara.

Korea Selatan telah mengadukan Korea Utara kepada Dewan Keamanan PBB hari Jumat mengenai penenggelaman kapal perang Korea Selatan. Menurut Seoul, kapal perangnya diserang oleh kapal selam Korea Utara.

Dutabesar Korea Selatan di PBB mengatakan badan PBB hendaknya memberi tanggapan dengan cara yang membuat Utara enggan melakukan apa yang ia sebut “provokasi lebih jauh.”

Pyongyang mengancam apa yang disebutnya “pembalasan yang paling berat” kalau Seoul mengajukan perkara itu kepada Dewan Keamanan PBB.

XS
SM
MD
LG