Tautan-tautan Akses

AS Mulai Penarikan Pasukan dari 2 Pangkalan di Afghanistan


Para tentara AS yang bertugas di pangkalan Lashkar Gah, Afghanistan (foto: dok).

Amerika Serikat ingin mengakhiri konflik terpanjangnya, dan berdasarkan ketentuan dalam kesepakatan yang ditandatangani di Doha bulan lalu semua pasukan asing akan meninggalkan Afghanistan dalam 14 bulan – asalkan Taliban tetap mentaati komitmen keamanannya.

Menurut perjanjian itu, Amerika pada awalnya seharusnya mengurangi kehadiran pasukannya dari sekitar 12.000 saat ini menjadi 8.600 pada pertengahan Juli, dan menutup lima dari sekitar 20 pangkalannya di seluruh Afghanistan.

Pasukan Amerika mulai meninggalkan satu pangkalan di Lashkar Gah, ibukota provinsi Helmand di Afghanistan selatan, dan pangkalan lainnya di Herat di Afghanistan barat, kata seorang pejabat Amerika yang tidak bersedia diungkapkan jatidirinya, kepada kantor berita AFP.

Bahkan dengan penarikan tersebut, pasukan Amerika mempertahankan “semua sarana militer dan otoritas untuk mencapai tujuan kami,” kata Kolonel Sonny Leggett, juru bicara Pasukan Amerika di Afghanistan, hari Senin. Dia merujuk pada operasi kontraterorisme dan dukungan untuk pasukan Afghanistan.

Helmand, yang bersama provinsi tetangganya, Kandahar, dianggap sebagai kubu Taliban, adalah tempat pasukan Amerika dan Inggris bertempur dalam operasi paling berdarah perang 18 tahun. [lt/ii]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG