Tautan-tautan Akses

AS, Meksiko Janjikan Tindakan Keras di Perbatasan


Polisi Meksiko berlari ketika mereka mencoba untuk mencegah migran melewati perbatasan Chaparral di Tijuana, Meksiko, dekat San Ysidro, California, Minggu, 25 November 2018.
Polisi Meksiko berlari ketika mereka mencoba untuk mencegah migran melewati perbatasan Chaparral di Tijuana, Meksiko, dekat San Ysidro, California, Minggu, 25 November 2018.

Pihak berwenang Meksiko dan Amerika berjanji untuk mengadili mereka yang terlibat dalam kekerasan di perbatasan, setelah pawai damai untuk memprotes waktu yang mereka anggap lama untuk pemrosesan permohonan suaka hari Minggu berakhir dengan sekelompok migran berusaha menyeberang dan para petugas patroli perbatasan Amerika menanggapi dengan tembakan gas air mata.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika, Kirstjen Nielsen, mengatakan personel Bea Cukai dan Patroli Perbatasan “terkena proyektil yang dilemparkan oleh para anggota karavan,” dan insiden itu mendorong petugas untuk menggunakan gas air mata “karena risiko keamanan bagi para petugas.”

Kementerian Dalam Negeri Meksiko mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihak berwenang berhasil menahan satu kelompok yang terdiri dari sekitar 500 orang yang “dengan kekerasan” berusaha menyeberangi perbatasan dekat gerbang masuk San Ysidro, dan bahwa mereka yang diidentifikasi terlibat dalam insiden tersebut akn segera dideportasi.

Pernyataan itu mengatakan bahwa sesuai dengan kebijakan pemerintah Meksiko untuk menghormati hak asasi manusia dan non-kriminalisasi para migran, pemerintah tidak akan mengerahkan pasukan militer untuk mengontrol para migran, tetapi Meksiko akan memperketat penjagaan titik-titik perbatasan di mana orang berusaha menerobos.

Pemerintah kota Tijuana mengatakan, petugas menangkap 39 orang.

Sekitar 5.000 orang – sebagian besar dari Honduras, Guatemala dan El Salvador – telah berkumpul di Tijuana setelah melakukan perjalanan dalam karavan untuk mencari suaka agar keluar dari kemiskinan dan kekerasan di tanah air mereka, dan banyak yang menyatakan frustrasi dengan waktu tunggu yang lama bagi kasus mereka untuk dipertimbangkan. San Ysidro adalah gerbang masuk darat yang paling sibuk ke wilayah Amerika, dan pihak berwenang di sana saat ini memproses sekitar 100 pencari suaka per hari. [lt]

XS
SM
MD
LG