Tautan-tautan Akses

AS Ingatkan Korea Utara Bisa Memicu Tanggapan Militer “Luar Biasa”


Menteri Pertahanan AS Jim Mattis, (kiri), bersama Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford, (kanan), berbicara kepada media di Gedung Putih, Washington, Minggu, Sept. 3, 2017.

Pemerintah Trump telah mengingatkan Korea Utara bahwa ancaman apapun terhadap Amerika dan sekutu-sekutunya akan dibalas dengan tanggapan militer yang “luar biasa”.

Setelah memberi penjelasan kepada Presiden Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence, Menteri Pertahanan James Mattis menyampaikan pernyataan keras terhadap Korea Utara tentang tindakan provokasinya.

“Kita tidak akan melakukan pemusnahan massal suatu negara, yaitu Korea Utara, tetapi sebagaimana yang telah saya sampaikan, ada banyak pilihan yang bisa diambil,” kata Mattis.

Presiden Donald Trump dalam sebuah pesan di Twitter menyebut tindakan terbaru Korea Utara sebagai hal yang menunjukkan “permusuhan dan berbahaya”. Ia mengatakan sedang mempertimbangkan untuk memboikot negara apapun yang berbisnis dengan Korea Utara, dan Menteri Keuangan Steve Mnuchin mengatakan sedang mempersiapkan sanksi baru. Dewan Keamanan PBB diperkirakan akan mengadakan pertemuan darurat tentang Korea Utara Senin pagi (4/9). [em]

XS
SM
MD
LG