Tautan-tautan Akses

AS

AS Kenai Sanksi Para Kapten Kapal Iran


Kapal tanker Iran yang mengangkut bensin berlabuh di Puerto Cabello, Venezuela tanggal 25 Mei 2020 (foto: dok).

Departemen Keuangan AS, hari Rabu memberlakukan sanksi terhadap lima kapten kapal Iran karena mengangkut bensin ke Venezuela.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin dalam sebuah pernyataan mengatakan dukungan Iran terhadap rezim otoriter dan korup di Venezuela tidak bisa diterima, dan pemerintah AS akan terus menggunakan kekuasaan untuk mencegahnya.

Sanksi tersebut merupakan bagian dari tindakan yang sedang dilakukan AS untuk menyingkirkan Presiden Venezuela Nicolas Maduro dari jabatannya.

AS dan sekitar 50 negara lainnya, yang sebagian besar negara Barat mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden sah negara anggota OPEC itu.

Sanksi yang diberlakukan AS terhadap industri minyak Venezuela sebelumnya telah membuat negara di Amerika Selatan itu semakin terisolasi. Maduro bulan lalu menghubungi Iran, yang sudah dikenai sanksi A.S sebelum pengumuman hari Rabu.

Iran tidak segera menanggapi sanksi terhadap para kapten kapal itu. Menlu A.S. Mike Pompeo dalam konferensi pers di Washington, hari Rabu mengatakan orang-orang itu membantu mengangkut 1,5 juta galon bensin dan komponen bensin ke Venezuela. [my/ii]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG