Tautan-tautan Akses

AS Kecam Serangan Houthi ke Kilang Saudi yang 'Mengganggu Pasokan Energi Global'


Pemberontak Houthi meneriakkan slogan-slogan setelah berhasil menguasai sebuah divisi militer di Sanaa, Yaman. (Foto: AP)

Amerika Serikat, Jumat (19/3), mengutuk serangan pesawat tak berawak (drone) di sebuah kilang minyak Saudi yang diklaim oleh pemberontak Houthi Yaman. AS menyebut serangan Houthi itu sebagai upaya untuk "mengganggu pasokan energi global."

"Kami mengutuk keras serangan drone hari ini terhadap beberapa fasilitas Saudi Aramco," kata wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Jalina Porter kepada sejumlah wartawan terkait serangan pada sore hari, serangan besar kedua bulan ini terhadap instalasi energi Saudi.

"Kami mengutuk upaya Huthi yang mengganggu pasokan energi global dengan menarget infrastruktur Saudi," tambah Porter sekaligus menyampaikan Amerika Serikat "sangat prihatin dengan frekuensi serangan terhadap Arab Saudi."

"Perilaku itu menunjukkan kurangnya perhatian terhadap keselamatan penduduk sipil, baik yang bekerja atau tinggal di sekitar lokasi," katanya mengenai insiden tersebut, dan menyoroti eskalasi berbahaya dari konflik enam tahun Yaman antara pemerintah Yaman dukungan Saudi dan kelompok Houthis yang terkait dengan Iran. [mg/pp]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG