Tautan-tautan Akses

PBB Kutuk Serangan Drone oleh Houthi 


Pemberontak Houthi meneriakkan slogan-slogan setelah berhasil menguasai sebuah divisi militer di Sanaa, Yaman, 22 Sepetember 2014. (Foto: AP)

Juru bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Stéphane Dujarric mengatakan PBB mengutuk beberapa serangan pesawat nirawak (drone) dan rudal balistik yang diklaim oleh Houthi terhadap Arab Saudi.

Dia juga mengungkapkan keprihatinan atas serangan udara koalisi pimpinan Saudi di Sana'a dan Hodeidah sebagai tanggapannya. Dia menambahkan bahwa tindakan tersebut “merugikan” upaya mediasi yang dilakukan oleh PBB.

Dujaric mengatakan, “Kami mengutuk beberapa serangan drone dan rudal balistik yang dilaporkan dilakukan kemarin terhadap beberapa lokasi di Arab Saudi, yang telah diklaim oleh Houthi. Kami juga prihatin dengan serangan udara koalisi pimpinan Saudi yang dilaporkan telah dilakukan kemarin di Sana'a dan Hodeidah, yang tampaknya sebagai tanggapan atas serangan awal Houthi.”

Berbicara kepada para wartawan di New York, Senin (8/3), Dujarric mengatakan PBB mendesak semua pihak agar mematuhi kewajiban masing-masing sesuai hukum kemanusiaan internasional.

Dia menambahkan, “Ini sangat sederhana, tindakan baku serang seperti itu merugikan upaya mediasi yang dilakukan oleh Utusan Khusus kami Martin Griffiths, yang akan terus bekerja dengan semua pihak untuk memajukan proses politik guna mencapai penyelesaian yang dinegosiasikan untuk mengakhiri konflik.” [lt/ps]

XS
SM
MD
LG