Tautan-tautan Akses

AS, Kanada dan Meksiko Akhiri Perundingan Ulang Pertama NAFTA


Pejabat perdagangan AS (USTR) Robert Lighthizer (kiri), Menlu Kanada Chrystia Freeland dan Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo Villarreal pada pembukaan perundingan NAFTA di Washington DC (16/8).

Para perunding perdagangan dari Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko hari Minggu mengakhiri pembicaraan pertama untuk merombak perjanjian perdagangan NAFTA, di tengah tanda-tanda bahwa jadwal ambisius untuk menuntaskan perundingan itu pada awal 2018 bisa gagal dalam beberapa bulan mendatang.

Seorang pejabat AS mengatakan ketiga negara tersebut akan mengeluarkan sebuah kesepakatan bersama pada hari yang sama namun perunding utama AS, Kanada, dan Meksiko menolak berkomentar saat mereka meninggalkan perundingan di Washington DC.

Presiden AS Donald Trump telah mengancam akan membatalkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang sudah berusia 23 tahun tanpa perubahan besar, menggambarkan pakta itu sebagai bencana yang mencuri ratusan ribu pekerjaan manufaktur dari orang Amerika.

Ketiga negara, yang berbeda pendapat terkait isu-isu penting, berencana untuk bertemu setiap tiga minggu sampai akhir tahun guna mencapai kesepakatan sebelum pemilu 2018 di Amerika Serikat dan Meksiko. [as]

XS
SM
MD
LG